Di ASEAN, Cuma Singapura yang Siap Dilintasi Mobil Tanpa Sopir



Jakarta - Tak semua jalanan di dunia siap dilintasi oleh mobil tanpa sopir alias mobil otonom. Di ASEAN misalnya, hanya Singapura yang jalanannya siap dilintasi oleh mobil tanpa sopir berdasarkan hasil studi yang dilakukan.

Melansir Paultan, Jumat (22/2/2019) berdasarkan index KPMG Autonomous Vehicles Readiness Index (AVRI) yang menghitung kesiapan beberapa negara terhadap mobil tanpa sopir ini Singapura duduk di tempat kedua persis di bawah Belanda.


Dalam index tersebut ada 25 negara yang disebut siap mengadopsi teknologi mobil tanpa sopir termasuk kebijakan, teknologi, inovasi, dan kesiapan konsumennya. Singapura dinilai telah memiliki kebijakan yang mendukung mobil tanpa sopir melintas dan potensi penerimaan konsumen.


Singapura sangat mendukung pengembangan teknologi mobil tanpa sopir. Bahkan Negeri Singa itu memiliki tempat khusus riset dan pengujian mobil otonom tepatnya di Nanyang Technological University. Di situ dibangun jalan yang lengkap dengan lampu lalu lintas, halte bus, gedung, dan beberapa hal yang membuatnya mirip dengan jalan sesungguhnya.

Rencananya Singapura juga bakal mengoperasikan bus tanpa sopir di tiga daerah yakni Punggol, Tengah, dan Jurong Innovation District dimulai tahun 2022. Singapura tak sendirian, melainkan bekerja sama dengan Belanda untuk membuat standar mobil otonom.


Kepala infrastruktur, pemerintah, dan kesehatan KPMG di Singapura Satya Ramamurthy menyebut ekosistem negeri Singa sudah siap dan terintegrasi dengan Smart Nation juga sekaligus tempat pengembangan mobil tanpa sopir.

"Pemerintah sangat proaktif dan terus memikirkan mobilitas masa depan. Singapura juga serius mempelajari kemungkinan perkembangan mobil tanpa sopir sekaligus menyiapkan aturannya," jelasnya. (dry/ddn)

SOURCE : DETIK OTO



PROMO XENIA LEBARAN
SANTO DAIHATSU
081 293 473 893 (CALL/HUNTING)
081 765 71 494 (WA BISNIS)
Share:

SALES EXECUTIVE

authorHai, Nama Saya Santo dan Saya adalah Sales Executive Tunas Daihatsu

Cari Blog Ini

Pengunjung Juga Melihat

Diberdayakan oleh Blogger.

Like Our Page

Wikipedia

Hasil penelusuran

Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Our Visitor