Mobil Seperti Apa yang Cocok untuk Presiden?

Jakarta - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) tengah membuka tender untuk mobil dinas Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Kabarnya baru ada dua pabrikan Jerman, BMW dan Mercedes-Benz yang mengikuti tender tersebut.


Namun diketahui mobil untuk kelas VVIP seperti Presiden, perlu syarat-syarat khusus. Hal ini diungkapkan oleh Pengamat Otomotif, Yannes Martinus Pasaribu. Menurutnya, mobil-mobil untuk kelas Presiden perlu peranti tambahan "armoring features" untuk menunjang keamanan karena statusnya sebagai kepala negara.

"Memakai standard B6 NATO, seperti: seluruh kabin penumpang menggunakan steel hardness level >63 HRC dengan laminasi serat sintetis Kevlar, mulai dari pintu depan, belakang, lantai, atap, dinding samping, belakang dan seluruh pintunya," buka Yannes kepada detikcom, Senin (08/07/2019).

Ia melanjutkan, kendaraan VVIP kepresidenan harus memiliki keamanan berstandar tinggi, utamanya mampu menahan serangan peluru hingga ledakan. "Mampu melindungi penumpang terhadap peluru, ledakan, granat, dan ranjau (tingkat perlindungan VR9)," ujar Yannes.

Begitu pun tangki bensin mobil yang dilengkapi dengan material anti-ledakan, serta tak ketinggalan penggunaan ban jenis Run Flat Tyre.

"Tangki BBM menggunakan steel hardness level >63 HRC yang dirancang khusus dan ditambahkan sistem pengamanan yang memakai busa khusus yang mencegahnya meledak, yang mencegahnya meledak saat terbakar atau tabrakan frontal," jelas Yannes.

"Ban menggunakan jenis Run Flat Tire yang diperkuat dengan kevlar dan dapat berjalan saat kempes. Jika ban hilang, pelek baja harus dirancang untuk memungkinkan mobil bergerak cepat hanya dengan pelek baja tersebut dalam kecepatan tinggi," urai Yannes.

Tak hanya keamanan dari ledakan dan peluru, mobil kepresidenan juga sebaiknya didesain untuk tahan dari serangan kimia dan juga menjaga privasi presiden dalam berkomunikasi dengan petugas pengawalan.

"Elektrikal kabin menggunakan Independent generator set, Sistem elektronika 360 degree camera, monitor, DVR recorder, GPS System, Radio telekomunikasi bebas jamming dan terenkripsi yang dapat berhubungan langsung dengan sistem komunikasi patwalpres," jelas Yannes.

"Climate control menggunakan AC yang metal protected dengan hardness level >63 HRC, dan sistem ventilasi udara segar independen (memiliki suplai oksigen sendiri) untuk mengamankan penumpang dari serangan kimia serta roller blind untuk semua jendela," ungkapnya.

Terakhir, Yannes mengatakan bahwa suspensi diperkuat untuk menahan beban kendaraan yang semakin berat. Lalu, mesin kendaraan bertenaga besar yang mampu berakselerasi cepat dalam keadaan mendesak.

SOURCE

INFO PEMESANAN DAIHATSU
SANTO DAIHATSU
081 293 473 893 (CALL/HUNTING)
081 765 71 494 (WA BISNIS) 
Share:

SALES EXECUTIVE

authorHai, Nama Saya Santo dan Saya adalah Sales Executive Tunas Daihatsu

Cari Blog Ini

Pengunjung Juga Melihat

Diberdayakan oleh Blogger.

Like Our Page

Wikipedia

Hasil penelusuran

Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Our Visitor