Kena Pajak 3%, Harga Mobil LCGC Takkan Naik Signifikan

Jakarta - Pemerintah telah menerbitkan aturan baru Pajak Penyesuaian Atas Barang Mewah (PPnBM). Aturan ini tertuang dalam PP Nomor 73 Tahun 2019, dan juga mengatur PPnBM baru untuk kelompok kendaraan bermotor roda empat hemat energi dan harga terjangkau (Low Cost Green Car atau LCGC).


Mobil LCGC nantinya akan dikenakan PPnBM 15% dengan Dasar Pengenaan Pajak sebesar 20% dari Harga Jual. Penjabarannya PPnBM tersebut dikalikan dengan DPP menjadi 15% x 20%, sehingga didapat angka 3%.

PROMO SIGRA TERBARU | DP MURAH | ANGSURAN RINGAN
Mobil-mobil LCGC sejak aturan tersebut dikeluarkan mulai dikenakan pajak sebesar 3%, asal memenuhi syarat konsumsi BBM paling rendah 20 km/liter atau tingkat CO2 yang dihasilkan sampai dengan 120 g/km untuk kapasitas isi silinder sampai dengan 1.200 cc.

Menanggapi hal itu, Director Business Innovation and Sales & Marketing Honda Prospect Motor Yusak Billy, mengatakan PPnBM sebesar 3% yang dikenakan pada mobil LCGC tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kenaikan harga mobil-mobil LCGC.

"Ya, memang PPnBM untuk LCGC akan naik 3% di Oktober 2021. PPnBM itu dihitung dari DPP jadi tidak terlalu besar," kata Yusak, melalui pesan singkat kepada detikcom, Kamis (24/10/2019).

"Dan seharusnya (PPnBM 3%) tidak membuat harga mobil LCGC naik signifikan," lanjut Yusak.

Untuk informasi, LCGC tidak lagi spesial dalam aturan PPnBM yang lama (PP No 41 tahun 2013), yakni PPnBM dengan dasar Pengenaan Pajak sebesar 0% (nol persen) dari Harga Jual untuk kendaraan bermotor yang termasuk program mobil hemat energi dan harga terjangkau. Syarat teknisnya pun tidak berbeda dengan PP Nomor 73 Tahun 2019.

PROMO SIGRA TERBARU | DP MURAH | ANGSURAN RINGAN
Dalam salinan yang diterima detikcom, aturan ini ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober dan telah diundangkan sejak 16 Oktober 2019 oleh Plt. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Tjahjo Kumolo. Peraturan ini mulai berlaku setelah 2 tahun sejak diundangkan, artinya mulai berlaku 16 Oktober 2021.

SOURCE
INFO PEMESANAN DAIHATSU
SANTO DAIHATSU
081 765 71 494 (WA BISNIS) 
Share:

SALES EXECUTIVE

authorHai, Nama Saya Santo dan Saya adalah Sales Executive Tunas Daihatsu

Cari Blog Ini

Pengunjung Juga Melihat

Diberdayakan oleh Blogger.

Like Our Page

Wikipedia

Hasil penelusuran

Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog

Our Visitor