Mengenal 6 Jenis Rambu-rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Jakarta - Jika kalian salah satu dari pengendara jalan raya, pasti akan menemukan banyak rambu lalu lintas yang ditemui di sepanjang jalan ataupun di kedua sisi jalan tersebut. Sebagai pengendara wajib mengetahui arti dari rambu-rambu yang ada, dan mematuhinya.

PROMO SIGRA TERBARU | DP MURAH | ANGSURAN RINGAN
Berikut 6 daftar rambu lalu lintas:

1. Rambu Peringatan

Rambu lalu lintasRambu peringatan berfungsi untuk mengingatkan pengendara untuk melihat kondisi jalan yang akan dilalui. Peringatan tersebut sangat berguna, agar pengendara bisa mengambil tindakan ketika berkendara.


Rambu peringatan berbentuk layang berwarna kuning, dengan garis pinggir berwarna hitam. Kombinasi warna hitam dan kuning ini agar pada malam hari bisa tetap terlihat ketika terkena lampu sinar dari kendaraan. Contohnya tanda panah ke arah kiri, artinya akan ada tikungan tajam di depan jalan.

2. Rambu Larangan

Rambu larangan bersifat keras untuk pengendara di jalan raya. Dengan rambu ini maka pengendara tidak melakukan apa yang dilarang seperti dalam gambar rambu tersebut. Rambu larangan berwarna dasar putih dan berbentuk lingkaran dengan garis pinggir berwarna merah dan gambar dicoret berwarna merah.


Contohnya gambar motor yang dicoret berwarna merah, berarti kendaraan motor dilarang masuk ke daerah tersebut.

PROMO SIGRA TERBARU | DP MURAH | ANGSURAN RINGAN
3. Rambu Perintah

Rambu perintah berisi aturan yang harus dipatuhi oleh pengendara jalan raya ataupun pengguna jalan. Rambu perintah digambarkan dengan dasar warna biru dan tandanya berwarna putih.


Contohnya rambu-rambu lalu lintas bergambar sepeda, yang berarti jalur ini hanya dikhususkan bagi pengguna sepeda saja, dan kendaraan selain sepeda tidak boleh melewati jalur tersebut.

4. Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk berisi informasi yang ditujukan kepada pengendara dan pengguna jalan bahwa ada beberapa kejadian atau terdapat lokasi tertentu di jalan tersebut. Biasanya juga mengarah ke beberapa tempat tertentu.


Rambu petunjuk berbentuk persegi panjang, dengan warna dasar biru, dengan gambar putih atau hitam. Contohnya rambu persegi panjang berwarna biru dengan gambar jalanan di tengah berwarna putih, berarti terdapat jalan tol di depan.

PROMO SIGRA TERBARU | DP MURAH | ANGSURAN RINGAN
5. Rambu Papan Tambahan

Rambu papan tambahan berfungsi memberikan informasi tambahan terkait kondisi tertentu di setiap jalan, informasi tersebut berupa peringatan atau imbauan terhadap pemberlakuan rambu pada peraturan tertentu.


Rambu papan tambahan berbentuk persegi panjang dengan warna dasar putih, dengan tulisan dan symbol berwarna hitam. Contohnya rambu bertuliskan "10 M" dengan tanda arah panah ke kiri, berarti bahwa berlakunya rambu tertentu sesuai arah panah ke kiri sejauh 10 Meter.

6. Rambu Nomor Rute

Rambu petunjuk nomor rute digunakan untuk menginformasikan rute angkutan umum tertentu agar memudahkan penumpang untuk menuju tempat tersebut. Rambu ini berbentuk persegi panjang dengan warna dasar hijau dan garis pinggir berwarna putih.


Rambu-rambu lalu lintas di atas bermanfaat untuk pengendara jalan raya dan pengguna jalan, agar selalu waspada di jalan raya. Rambu tersebut dibuat sedemikian rupa agar kamu mudah memahaminya. Ayo pahami agar kamu terhindar dari hal buruk di jalan raya!
Share:

SALES EXECUTIVE

authorHai, Nama Saya Santo dan Saya adalah Sales Executive Tunas Daihatsu

Cari Blog Ini

Pengunjung Juga Melihat

Diberdayakan oleh Blogger.

Like Our Page

Wikipedia

Hasil penelusuran

Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Our Visitor